CHIPSET NORTHBRIDGE DAN SOUTHBRIDGE


Motherboard merupakan komponen penting yang terdapat pada sebuah komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang komponen lain seperti Processor, VGA Card ,Memori (RAM) dan lain sebagainya.Sementara itu,Ada komponen penting yang terdapat dalam Motherboard yang berperan penting dalam kinerja sebuah Komputer yaitu Chipset. Secara Fisik chipset berupa sekumpulan chip yang saling terintegrasi supaya bisa saling berkomunikasi dan menjalankan fungsi – fungsi tertentu.Chipset juga banyak terdapat pada card tambahan seperti pada VGA-Card ,Ethernet Card Sound Card dll. Chipset pada Motherboard terdiri dari dua chipset yang sering disebut chipset Northbridge dan Chipset Southbridge.

Adapun penjelasan tentang chipset southbridge dan Northbridge yaitu :

1.      Chipset Northbridge


Chipset Northbridge Oleh perusahaan chipset Intel sering disebut Memmory Controller Hub (MCH) sedangkan perusahaan AMD,VIA dan perusahaan lainnya lkebanyakan menggunakan nama dengan sebutan northbridge.
Northbridge mempunyai peran yang sangat penting dalam sistem motherboard karena dengan northbridge motherboard dapat berhubungan / berkomunikasi dengan Processor (CPU) ,memory (RAM) dan Graphic Controller (AGP dan PCI Express) ,dan Southbridge melalui BUS Berkecepatan tinggi yang terdapat pada motherboard. Oleh Karena itu maka Northbridge berperan untuk menangani komunikasi / mengendalikan antara CPU,RAM ,AGP atau PCI Express dan Soutbridge. Bahkan pada beberapa type motherboard terdapat chipset yang didalamnya terdapat northbridge yang berisi integrated video controller.Istilah  integrated video controller oleh perusahaan intel sering disebut dengan Graphic and Memmory Controller Hub (GMCH).
      Selain itu Northbridge juga berperan menentukan jumlah ,kecepatan dan type processor (CPU) yang bisa dipasangkan pada motherboard dan juga menentukan Kecepatan ,Type dan  jumlah kapasitas RAM yang dapt dipasangkan pada motherboard. Kebanyakan dari jenis Chipset dirancang untuk mendukung type dan jenis processor tertentu saja dan Jumlah RAM yang dapat terpasang pun juga bervariasi tergantung desain motherboardnya.
Sebagai contoh untuk motherboard yang support dengan Intel Pentium (Sebelum Pentium II) jumlah kapasitas RAM yang dapat dipasangkan dibatasi sampai dengan 128 MB saja atau Motherboard untuk pentium 4 kapasitas RAM yang dapat dipasangkan dibatasi 4 GB.

      Sejak Era Pentium Pro Release,arsitektur Motherboard yang dikeluarkan Intel sudah menerapkan processor yang mengakomodasikan fisik address lebih besar dari 32 bit (biasanya 36 bit ) ,sehingga motherboard tersebut bisa mensupport RAM hingga 64 GB, Namun  jarang sekali dijumpai motherboard yang didesain mampu mendukung RAM hingga 64 GB lagi pula ada beberapa faktor pendukung lainnya jika ingin menerapkan motherboard yang bisa mensupport RAM hingga 64 GB yaitu faktor keterbatasan dukungan sistem operasi dan Mahalnya harga RAM. Biasanya Chipset yang seperti itu baru bisa diterapkan / diproduksi apabila muncul standart baru karena munculnya perkembangan teknologi yang mengharuskan menggunakan RAM yang berlebih.

2.      Chipset Southbridge

Komponen-komponen lain yang tidak ditangani oleh Northbridge akan ditangani oleh Southbridge. Chipset Southbridge adalah chipset yang terdapat pada motherboard yang mengatur / mengontrol  kerja dan komunikasi motherboard dengan perangkat atau peripheral-peripheral  seperti PCI Bus, IDE Controller, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Ethernet LAN, Modem dan Perangkat I/O lainnya. Kinerja sistem input/output pada PC dipengaruhi oleh Soutbridge ini. Apabila chipset southbridge tidak memiliki dukungan interface ATA berkecepatan tinggi maka saat sistem mengakses hardisk akan tehambat.






CHIPSET NORTHBRIDGE DAN SOUTHBRIDGE
Item Reviewed: CHIPSET NORTHBRIDGE DAN SOUTHBRIDGE 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!