Aplikasi Winbox untuk Setting Mikrotik

Dalam konfigurasi Mikrotik RouterOS ada banyak cara yang bisa dilakukan baik itu melalui CLI (Comman Line Interface) maupun GUI (Graphical User Interface).Contoh konfigurasi melalui comman Line yaitu melalui aplikasi atau utility putty,melalui mikrotik RouterOS itu sendiri dan Lain sebagainya.Bagaimana bila setting menggunakan GUI (Graphical User Interface)? salah satu cara setting mikrotik dalam mode  GUI  yaitu dengan menggunakan Winbox.


Winbox adalah sebuah aplikasi atau utility yang digunakan untuk melakukan konfigurasi/setting  mikrotik dalam mode GUI (Graphical User Interface). Sehingga akan memudahkan dalam konfigurasi Mikrotik daripada konfigurasi dalam mode CLI yang disetting dengan perintah-perintah (Comman Line) .

Aplikasi Winbox lebih User Friendly dari pada mensetting dalam mode text sehingga mengkonfigurasi mikrotik melaui winbox lebih  banyak digunakan karena selain penggunaannya yang mudah juga tidak harus menghafal perintah-perintah dasar Mikrotik. Melalui Winbox semua perintah sudah tersedia dalam bentuk Graphical Menu sehingga ketika mensetting mikrotik RouterOs tinggal Klik,pilih,setting dan apply. 
Jika anda belum mempunyai aplikasi winbox untuk mengkonfigurasi RouterOS anda bisa download Winbox  disini.

Tampilan Winbox untuk setting Mikrotik
Keterangan :
ü  Connect
Login ke router OS Mikrotik dengan mengisikan  alamat IP, dan nomer port (portnya secara default pada port 80) dapat juga berisi alamat MAC (dapatlogin konfigurasi mikrotik jika network berada pada subnet yang sama dengan router). Masukkan username dan password, selanjutnya pilih connect untuk mengakses router.
üSave
Menyimpan IP Address, User serta password pada list (Untuk menjalankan yang sudah pernah dibuka, hanya dengan double klik pada item yang dipilih).
ü Remove
Untuk menghapus list yang pernah disimpan sebelumnya.
üTools
Untuk menghapus semua list  yang sebelumnya pernah disimpan pada winbox serta menginport dan exsport List address .
ü Secure Mode
Memberikan  keamanan konfigurasi Router OS antara winbox dan Router pada protocol Transport Layer Security (TLS).
ü  Keep Password
Menyimpan password RouterOS yang sebelumnya pernah dibuka, hal ini berbahaya karena setiap orang bisa langsung login tanpa memasukan username dan password.

Berikut ini adalah contoh tampilan konfigurasi mikrotik dengan menggunakan winbox : 




Aplikasi Winbox untuk Setting Mikrotik
Item Reviewed: Aplikasi Winbox untuk Setting Mikrotik 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!