Cara Memonitoring Jaringan dengan menggunakan The Dude

Penjelasan The dude
Memonitoring jaringan adalah kewajiban bagi seorang administrator dalam mengelola jaringan yang telah dibuatnya terutama dalam perusahaan Layanan internet seperti ISP (Internet Service Provider).Banyak aplikasi Jaringan untuk memonitoring jaringan baik yang berbasis opensource maupun yang closesorce. Beberapa aplikasi jaringan untuk memonitoring jarinagan diantaranya yaitu cacti, Munin, Zenoss, Zabbix,Nagios dalam sistem operasi Linux dan The dude, WhatsUP Gold dalam sistem operasi Windows.


Namun kali ini akan dibahas tentang monitoring jaringan dengan menggunakan The Dude untuk memonitoring dan memantau jaringan. The dude adalah aplikasi yang dikeluarkan mikrotik yang berbasis windows untuk memonitoring jaringan yang simple dan efisien tetapi powerfull.
The Dude dapat melakukan scan jaringan secara otomatis pada semua perangkat yang terhubung pada subnet jaringan tertentu dan dapat memonitoring perangkat yang sudah ditambahkan dalam the dude. Hasil scannya berupa gambar topology jaringan yang muncul secara otomatis akan tetapi cara ini tidak efektif karena semua network jaringan yang tidak perlu dimonitoring juga akan ditampilkan dalam The dude maka sebaiknya ketika ingin memonitoring dengan menggunakan the dude sebaiknya menambahkan satu per satu device yang akan dimonitoring. Setelah semua device yang ingin dimonitoring telah ditambahkan dalam MAP The dude maka secara otomatis bila ada device yang down/up akan terlihat kondisinya /status device.
dapat melakukan scanning otomatis pada semua perangkat yang terhubung pada subnet jaringan tertentu. Hasil scanning nya berupa gambar peta konfigurasi jaringan yang muncul secara otomatis. Peta konfigurasi jaringan ini akan menggambarkan kondisi jaringan apakah sedang up/down. 
The dude dapat menampilkan transfer rate antar perangkat di jaringan,sehingga dapat memantau traffic yang berjalan di jaringan yang kita kelola secara realtime dengan mudah. Selain itu The dude dapat melakukan identifikasi secara otomatis jenis perangkat yang ada didalam jaringan dengan mensecan service yang digunakan oleh perangkat tersebut. Misalnya the Dude menscan perangkat dan mengidentifikasikan port pada perangkat yang telah discan adalah port 80 maka the dude mengidentifikasikan perangkat tersebut sebagai web server.

Installasi The Dude
Persyaratan minimum sebelum menginstall the dude pada PC yaitu :
RAM : minimum 64 MB,minimum yang disyarankan 128 MB.
Video /Grafic : Minimal 800x600

Langkah Installasi :
1.      Downloads installasi The Dude disini.Bila ingin mencoba versi beta dapat diinstall disini.
Ababila menginstall The dude versi yang beta pada server the dude maka ketika ingin meremote the dude pada pc server juga harus terinstall aplikasi the dude versi beta pada komputer remote.
2.      Install Aplikasi the dude hingga selesai.
3.      Buka aplikasi the dude,maka akan munclu tampilan login the dude.



      Login the dude :
      Server : localhost /ip address komputer server the dude
      Mode :
 plain (digunakan ketika the dude berfungsi sebagai server) port :2210
secure (digunakan ketika ingin meremote server the dude) port : 2211
     Username : admin (default)
     Password : kosong (tidak diisi)

4.     Kemudian login the dude sebagai server maka akan muncul tampilan local server seperti gambar dibawah ini :


5.   Double Klik Network Maps – Klik kanan pada Network Maps dengan nama “Local” kemudian Klik setting.Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.


6.     Kemudian ganti nama “Network Maps” yang akan dimonitoring.




7.   Pada tab polling beri tanda cek pada kolom “ Use Notification”, kemudian pilih jenis notifikasi yang diperlukan dan klik “OK” untuk membuat Network Map tersebut. 

8.     Menambahkan device pada Network Map yang telah dibuat “MM”  dengan cara double klik pada network maps yang akan ditambahkan device-- klik kanan –Add Device.


9.     Kemudian akan muncul tampilan “Add Device “ kemudian isikan address yang akan dimonitoring – Klik Next.  

10.  Kemudian menambahkan “probe “ yang akan dimonitoring dalam kasus ini memilih ping karena untuk mengecek koneksi sebuah device dan internet –OK.


11.   Kemudian double klik device yang telah dibuat dan ganti nama serta pengaturan yang diperlukan.

      Jika yang dimonitoring adalah Mikrotik routerOS maka dapat disetting username serta Password login mikrotik routerOS pada kolom Username dan Password.


12. Menambahkan Device-device yang lainnya yang akan dimonitoring seperti langkah-langkah diatas dalam hal ini saya hanya mencontohkan untuk monitoring google.com saja jadi bisa anda kembangkan sendiri.


13.   Jika ingin menambahkan Network Maps baru maka tinggal klik kanan – pilih Submap kemudian beri nama pada Maps yang akan dibuat.
 

14. Sampai disini kita sudah bisa memonitoring sebuah jaringan yang telah kita kelola dengan menggunakan The dude akan tetapi hanya bisa dilihat pada komputer server dude saja,bagaimana jika ingin membuka server dude pada komputer lain (client)?.
Jika ingin meremote server dude maka dapat meremote server dude dengan cara membuka aplikasi dude  tetapi pada saat login memilih secure dan masukan username dan password server dude yang akan di remote – Connect.



Dude Client yaitu aplikasi the dude yang terinstall pada komputer yang digunakan untuk mengontrol dude server menggunakan tampilan grafis. Ketika pengguna mengaktifkan dude client (secure) dan terkoneksi ke dude server, maka sesungguhnya pengguna sedang membuka sebuah dude server tergantung username pada saat login apakah username itu full atau hanya bisa read saja.
Setiap konfigurasi yang dilakuan pada dude client akan tersimpan pada dude server sehingga ketika pengguna logout (disconnec) maka konfigurasi the dude tidak hilang.
Dude server dan dude client menggunakan aplikasi yang sama sehingga ketika anda menggunakan dude versi beta pada server maka pada dude client juga harus terinstall the dude versi beta juga jika tidak maka tidak akan bisa terkoneksi.
Catatan :
Ketika dude akan difungsikan sebagai server maka opsi enable server harus diaktifkan yang ditandai dengan warna hijau pada”Local Server”.
 

Keterangan gambar :
Jika login dengan keadaan Local server warna hijau maka dude tersebut berfungsi sebagai server.

 Ketika dude client dijalankan pertama kali, dude akan mengaktifkan local server secara otomatis, maka harus dilakukan  pemutusan koneksi ke local server dude dan mengisikan ip dude server untuk login ke server dude. perlu diingat bahwa dude client hanya dapat berjalan ketika terkoneksi ke server dan jika di dalam jaringan belum ada sebuah dude  yang berfungsi sebagai server yang aktif, maka yang pertama kali dilakukan adalah menjalankan dude server tersebut.




Cara Memonitoring Jaringan dengan menggunakan The Dude
Item Reviewed: Cara Memonitoring Jaringan dengan menggunakan The Dude 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Terimakasih atas ilmunya (y)

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!