Install Mikrotik dengan Kabel Serial dan Netinstall


Jika anda seorang administrator jaringan dalam sebuah perusahaan yang menggunakan Mikrotik RouterOS dalam hal ini yaitu Routerboard seringkali kita dijumpai permasalahan-permasalahan pada perangkat Routerboard diantaranya yaitu :


1.      Lupa Password Mikrotik RouterOS.(Selain Hard Reset)
2.      Installasi Mikrotik RouterOS yang gagal.
3.      Routerboard biasanya ketika dilakukan scan mac address dapat menampilkan hasil scan mac address untuk mengakses Mikrotik tetapi hasil scan tidak muncul serta ketika ingin mengakses mikrotik tidak bisa.
4.      Ingin Melakukan Upgrade Mikrotik RouterOS dengan versi terbaru.(tetapi untuk masalah upgrade mikrotik RouterOS dapat langsung dilakukan dengan cara menambahkan upgrade package pada Mikrotik RouterOS dengan Bantuan Aplikasi Winbox).


Ketika anda menjumpai kasus-kasus diatas anda dapat melakukan install ulang mikrotik RouterOS dengan menggunakan Aplikasi Netinstall tetapi kali ini saya akan mensharingkan cara installasi mikrotik RouterOS (Routerboard) yang terdapat port serialnya seperti RB450G,RB433,RB411 dan sebagainya dengan Menggunakan Kabel Serial dan Aplikasi Netinstall.


PENGERTIAN APLIKASI NETINSTALL PADA MIKROTIK
Berdasarkan dari mikrotik Wiki, Netinstall merupakan program yang berjalan pada komputer dengan sistem operasi Windows yang memungkinkan untuk melakukan installasi Mikrotik RouterOS ke PC atau Routerboard melalui jaringan LAN (Ethernet).
Sehingga ketika melakukan install ulang mikrotik RouterOS (Routerboard) maka perangkat tersebut harus mendukung boot dari ethernet dan perangkat yang akan diinstall Mikrotik RouterOS (Routerboard)  harus terdapat link port ethernet langsung  dari Komputer Netinstall.

Semua Routerboard mempunyai dukungan untuk PXE boot jaringan sehingga ketika akan melakukan installasi mikrotik RouterOS, Maka Routerboard  tinggal diset boot prioritnya saja  akan tetapi untuk mensetting boot priority (booting pada PXE jaringan/ethernet) membutuhkan kabel Serial dan Serial to USB RS232.

Catatan:
Untuk perangkat Routerboard yang tidak terdapat port serialnya maka dapat menggunakan tombol reset untuk melakukan boot melalui PXE Boot / Ethernet (Misalnya untuk RB750).

Netinstall juga dapat langsung menginstal Mikrotik RouterOS pada disk  seperti USB / CF / IDE / SATA yang terhubung ke PC Windows netinstall  hanya dengan memindahkan disk tersebut kedalam Routerboard.
Netinstall  juga dapat digunakan untuk mareset password Mikrotik ketika lupa password tanpa melakukan Hard Reset serta dapat melakukan upgrade Mikrotik dengan versi terbaru.
Kenapa harus menggunakan Aplikasi Netinstall ketika ingin upgrade serta reset password? Kenapa tidak langsung diupgrade saja dengan menggunakan Bantuan Winbox  kemudian di reset?
Karena Ketika kita akan melakukan upgrade jika menggunakan aplikasi Netinstall akan berbeda jika dilakukan upgrade secara manual.
Berikut perbedaan Netinstall dan Upgrade secara manual :
Pada saat installasi dengan menggunakan Netinstall maka akan terjadi proses Formating Drive / Hardisk Routerboard tetapi tidak terjadi pada saat melakukan upgrade secara manual.
Apa pengaruhnya jika melakukan upgrade manual pada Routerboard?
Perlu diketahui bahwa Routerboard menyediakan memori penyimpanan yang kecil dan ketika dilakuka upgrade secara manual maka ada beberapa data yang mungkin tidak terpakai namun tetap mengambil ruang pada media penyimpanan Routerboard tetapi ketika menggunakan Netinstall Maka akan dilakukan proses formating kemudian baru diinstall sistem mikrotik RouterOS beserta packagenya.


Demikian yang bisa saya sharingkan tentang pengertian dan penjelasan tentang Aplikasi Netinstall,Sekarang saya akan mensharingkan bagaimana cara melakukan install ulang / upgrade Routerboard dengan menggunakan Kabel Serial dan Netinstall.

ALAT DAN BAHAN
Sebelum melakukan upgrade /install ulang Mikrotik RouterOS pada Routerboard harus kita persiapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan pada saat melakukan installasi.
1.      PC/Laptop dengan Ethernet Card.
2.      Routerboard yang akan dilakukan upgrade/installasi Mikrotik RouterOS.
Dalam kasus ini saya menggunakan Routerboard 450 G yang terdapat Port Serialnya.
Jika tidak terdapat port serialnya(seperti RB750) maka dapat menggunakan port ethernet pada Routerboard dengan bantuan tombol reset untuk memilih boot device ethernet.
Gambar Routerboard 450G
3.      Kabel Serial Console Female to Femele .
Dalam Kasus ini saya memakai kabel serial Console Female to Femele yang memiliki 9 Pin.
Kabel ini digunakan untuk koneksi perangkat ke perangkat.
Gambar Kabel Serial Console Female to Femele
4.      Serial to USB RS232.

Pada saat installasi /upgrade Mikrotik RouterOS pada Routerboard 450G ini saya memakai Perangkat tambahan Converter USB to RS232 yang merupakan product dari Z-Tek.
Jika anda belum mempunyai driver Converter USB To RS232 downloads terlebih dahulu drivernya disini.
5.      Kabel UTP tipe Straight.
Kabel UTP tipe stright ini nantinya akan digunakan untuk installasi dan transfer paket-paket installasi mikrotik Router OS pada Routerboard 450G.
Gambar  Kabel UTP tipe Straight

6.      All Package Mikrotik Sesuai dengan versi routerboard anda.(bisa didownloads disini)
7.      Aplikasi Netinstall bisa didownloads disini.
8.      Aplikasi Putty dapat didownloads melalui link disini.

LANGKAH KERJA
1.      Setalah anda menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade / install ulang Mikrotik RouterOS pada Routerboard selanjutnya yang harus dilakukan adalah Menghubungkan kabel Serial Console Female to Female pada pada Serial to USB RS232 dan menghubungkannya  kabel Serial Console Female to Female yang satunya pada Port Serial Routerboard.
Gambar menghubungkan kabel serial Console Female to Female pada pada Serial to USB RS232 

Gambar menghubungkannya  kabel Serial Console Female to Female yang satunya pada Port Serial Routerboard.
2.  Kemudian setelah kabel serial console female to female telah dihubungkan selanjutnya menghubungkan Serial to USB RS-232 pada port USB Komputer/Laptop.

Gambar Device Manager untuk melihat port COM serial
Keterangan :
Jika Perangkat  USB to Serial RS-232 belum terinstall drivernya maka install dulu drivernya.drivernya dapat didownloads melalui link diatas.
Pada kasus ini Kabel USB to Serial RS232 terdeteksi sebagai COM4 sehingga ketika akan mengkonfigurasi PXE boot ethernet menggunakan COM4.
3.      Memasang kabel UTP pada Routerboard (ether1) kemudian dihubungkan pada Ethernet Port pada Komputer/Laptop.
4.     Setting IP Address Komputer dengan menggunakan IP Address yang sekelas dengan ip address Netinstall.Misalnya ip addressnya adalah sebagai berikut :

Gambar Setting ip address Komputer/Laptop

5.      Kemudian membuka aplikasi Netinstall yang telah didownloads dan mensetting ip address yang sekelas dengan PC/Laptop dengan cara mengeklik Net Booting kemudian mengisikan ip address à OK. (Lihat gambar untuk lebih jelasnya).



6.  Kemudian membuka aplikasi putty untuk mensetting Boot PXE pada Routerboard dengan menggunakan Kabel Serial dengan cara sebagai berikut :
   v  memilih connection type pada putty dengan serial.
   v  Kemudian mengisikan Serial Line “COM4” dan Speednya “115200” kemudian klik Open.

Keterangan gambar:
“Serial Line “ diisi sesuai dengan COM Port Serial yang teridentifikasi oleh komputer. Dalam kasus ini komputer mendeteksi port Serial pada COM4. Pada kasus lain mungkin COM PORT Serial yang terdeteksi oleh komputer akan berbeda sehingga disesuaikan saja COM PORT Serial pada device Manager.
7.   Kemudian Setelah Di Open (dubuka) putty tersebut maka akan muncul tampilan Routerboard Booter à tekan sembarang tombol /enter untuk mengkonfigurasi RouterBOOT.

Keterangan Gambar :
Karena ingin memilih boot priority (boot device) supaya menginstall melalui ethernet maka memilih “o” dengan menekan tombol “o” pada keyboard untuk memilih menu boot device.

Kemudian menekan tombol  “e” pada keyboard untuk memilih “Boot over ethernet” à kemudian menekan tombol “x” untuk keluar dari konfigurasi dan biarkan sampai teridentifikasi pada aplikasi netinstall.
8.      Maka pada saat Routerboard Restart maka pada aplikasi Netinstall akan muncul perangkat baru “RB450G”  Kemudian browse letak  all package Mikrotik RouterOS.


9.       Kemudian memilih paket-paket Mikrotik RouterOS yang akan diinstall pada Routerboard. Disarankan supaya memilih Paket-Paket yang dibutuhkan saja supaya kinerja Routerboard menjadi lebih ringan.


10. Setelah memilih Paket-Paket Mikrotik RouterOS kemudian Langkah selanjutnya yaitu menginstall paket tersebut dengan mengeklik Install pada aplikasi Netinstall.Kemudian akan berjalan proses Partition and Formating Harddrive dan menunggu hingga proses installasi selesai.

 

11.  Kemudian setelah installasi selesai mengklik reboot dan mengubah boot priority (Boot Device menjadi “ Boot from NAND ONLY” atau “boot from NAND,if fail then ethernet” dengan mengetikan tombol “n” atau “o” pada keyboard. Intinya kita mengubah boot priority menjadi NAND atau ke Hardisk (media penyimpanan) sehingga ketika booting langsung mengarah pada NAND/Hardisk kemudian Keluar dari konfigurasi RouterbOOT dengan mengetikan “x” dan menunggu hingga proses booting mikrotik.


12.  Maka akan muncul jendela Login Mikrotik Default yang menandakan bahwa installasi Mikrotik RouterOS telah berhasil diinstall.


13.  Berikut screnshoot hasil installasi Mikrotik RouterOS.

Gambar Login Mikrotik dengan menggunakan aplikasi putty (remote serial console).

Gambar Scaning Mac Address Routerboard 450G.

Gambar Login Routerboard Via Winbox.



Demikian yang bisa saya sharingkan Semoga bermanfaat  :-D



Install Mikrotik dengan Kabel Serial dan Netinstall
Item Reviewed: Install Mikrotik dengan Kabel Serial dan Netinstall 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!