Beberapa Cara Meremote Mikrotik


Perangkat Routerboard / Mikrotik RouterOS dapat diakses dengan berbagai cara yang berbeda-beda serta menggunakan berbagai media tergantung media mana yang lebih mudah serta yang familiar digunakan oleh admin. Ada 4 cara mengakses Mikrotik RouterOS/Routerboard antara lain yaitu :


1.    Via Console / Command Prompt / Terminal Mikrotik.
Mikrotik sebenarnya mempunyai ssh server dan dapat diakses secara langsung via console / shell / CLI / Terminal dengan menggunakan aplikasi ssh-client.
Syarat yang harus dilakukan pada saat meremote mikrotik RouterOS atau Routerboard via console /CLI yaitu ssh-server pada mikrotik harus di Enable, Apabila ssh server pada mikrotik di Disable maka untuk meremote dengan menggunakan ssh-client tidak akan bekerja.

Contoh aplikasi ssh-client  untuk melakukan remote mikrotik via console/CLI adalah putty. 
Caranya tinggal jalankan aplikasi putty  à isikan ip address dan port ssh-server mikrotik pada kolom hostname dan mikrotik.



Jika ingin mengakses ssh-server  mikrotik dengan sistem operasi linux maka perintahnya sebagai berikut :
ssh user@ip_address –p 2013
Dimana –p adalah port ssh-server.
Tips :
Ketika menggunakan command/ perintah pada mikrotik tekan tombol TAB  pada keyboard untuk melengkapi perintah-perintah selanjutnya pada mikrotik sehingga tidak perlu mengetikan perintah secara lengkap tetapi mengetikan awal perintahnya saja karena mikrotik memanfaatkan auto complete. 

Download Putty disini.
 contoh :
Ketika menggunakan perintah Cukup  mengetikan int àtekan tab maka otomatis shell akan melengkapi menjadi interface.
Jika ingin kembali ke folder sebelumnya tinggal ketikan “..” (titik dua kali) dan jika ingin kembali ke folder root tinggal mengetikan “/”.
  
2.       Via Web Browser
Selain menggunakan ssh-server mikrotik juga dapat diakses dengan menggunakan web-browser dengan cara mengetikan perintah sebagai berikut :


Defaultnya : http://ip_address_mikrotik dengan port 80
Contoh :
Misalnya IP Address mikrotiknya yaitu 192.168.4.6 dan port  8080 maka pada web browser tinggal mengetikan http://192.168.4.6:8080.

3.       Via Winbox
Mikrotik juga dapat diakses dengan menggunakan aplikasi winbox yang merupakan utility yang berbasis windows yang dikeluarkan mikrotik untuk mengakses mikrotik dan merupakan aplikasi utility yang paling populer karena selain mudah menggunakannya winbox juga menampilkan menu-menu Mikrotik dengan berbasis GUI.
Untuk lebih jelas tentang aplikasi winbox silahkan klik disini.
Berikut cara mengakses Mikrotik dengan menggunakan Winbox :





Winbox bisa menscan mikrotik asalkan masih dalam satu network, yaitu dengan menscan  MAC address ethernet yang digunakan mikrotik dalam sebuah jaringan.Dalam mengakses mikrotik ini bisa menggunakan ip address maupun mac addressnya.
Download Winbox disini.

4.       Via Telnet
Yang terakhir yaitu cara meremote mikrotik dengan menggunakan telnet. Jika dapat  mengakses mikrotik dengan menggunakan telnet dengan bantuan program aplikasi “command prompt” (cmd) pada windows akan tetapi fitur telnet pada windowsnya harus diaktifkan atau dapat menggunakan aplikasi putty. Namun penggunaan telnet tidak dianjurkan dalam jaringan karena faktor keamanan.  Untuk cara mengaktifkan telnet pada windows silahkan klik disini.




Catatan penting :


Cara-cara  meremote mikrotik diatas tidak akan bekerja jika service pada mikrotik sendiri tidak diaktifkan (disable). Untuk mengaktifkan masuk pada menu ip à services.


Beberapa Cara  Meremote Mikrotik
Item Reviewed: Beberapa Cara Meremote Mikrotik 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!