Tips Menghemat Baterai Notebook/Netbook

Ketika anda pergi ke cafe,mall,restauran,atau ke tempat lain sedangkan anda selalu membawa notebook.netbook, anda mungkin sering mengalami masalah pada notebook/netbook anda karena masalah daya batteray netbook  yang tidak bertahan lama saat dinyalakan alias bateray cepat habis.Untuk mengatasi masalah tersebut,coba gunakan tips menghemat baterai di Notebook/netbook   berikut ini.
Pada Tips ini tidak akan bekerja jika memang bateray netbook/ netbook anda kondisinya memang sudah drop yang hanya bertahan selama beberapa menit saat notebook/netbook anda dinyalakan.Jika kondisi bateray memang sudah drop maka tidak ada cara lain selain mengganti bateray netbook/notebook yang lama dengan bateray yang baru.



Jika kondisi Baterai nntebook/netbook anda masih normal anda bisa mencoba tips berikut ini.

Untuk membatu dalam memaksimalkan kinerja dari bateray netbook/notebook anda,sangat penting untuk mengetahui dan memahami terlebih dahulu bagaimana sebenarnya cara kerja baterai dan kemana saja aliran listrik dialirkan.Dengan demikian maka anda dapat menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menghemat baterai netbook/notebook yang anda miliki.

Kemana saja aliran listrik dari baterai mengalir?

Perusahaan Microsoft, melalui Blog Windows 7 Engineering telah menyusun diagram yang sangat bermanfaat yang berguna untuk mengetahui kemana saja aliran listrik baterai dari notebook/netbook anda.Pada Gambar diagram tersebut terlihat jelas bahwa layar LCD merupakan perangkat yang membutuhkan daya baterai yang paling banyak.Oleh karena itu dengan adanya diagram tersebut maka dapat membantu dalam memaksimalkan penghematan baterai notebook/netbook anda.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghemat daya adalah menentukan dengan cermat konfigurasi daya baterai, Kapan Layar LCD anda akan mati secara otomatis pada saat monitor tidak digunakan . Pada gambar dibawah LCD monitor akan mati setelah 2 menit tidak digunakan pada kondisi notebook memakai daya bateri .




Langkah selanjutnya,Melakukan efisiensi dari perangkat lain yang sekiranya sudah tidak dipergunakan lagi seperti menentukan berapa hardisk drive berhenti bekerja setelah tidak ada transfer data,penghematan daya pemakainan untuk WiFi,Processor,dan Kartu Grafis (VGA-Card) serta perangkat lainnya.Anda juga dapat menentukan kapan kipas pada notebook anda bekerja pada kondisi default ( mengikuti settingan pada operating system) atau sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pengguna (pada saat notebok/netbook tidak dipergunakan maka kipas pada notebook akan ikut mati dan pada beberapa kondisi akan memperlambat kinerja pada notebook) dan tentunya akan menghemat baterai netbook anda.


Sesuai dengan diagram diatas bahwa hal yang paling penting dilakukan untuk melakukan penghematan daya baterai adalah melakukan penghematan daya pada layar monitor (LCD).Anda dapat melakukan penghematan dengan cara mensetting cahaya yang keluar dari monitor serta anda juga dapat mensetting monitor dengan meredupkan cahaya menjadi seredup-redupnya sampai batas tertentu dimana anda masih dapat melihat layar pada notebook anda.
Meskipun demikian,Hal ini tidak dianjurkan untuk anda yang memiliki penglihatan yang kurang tajam atau anda yang memiliki penyakit pada mata anda karena dapat menyebabkan sakit pada mata anda.Jadi meskipun penting jangan korbankan mata anda hanya karena untuk sebuah baterai notebook/netbook anda. 
Langkah selanjutnya,Matikan pada beberapa device yang sudah tidak dipergunakan lagi tetapi masih aktif.Device tersebut meliputi Wi-Fi,Bluetooth,Lan Card serta device lain yang tidak diperlukan.Ketika anda menginginkan baterai notebook/netbook anda bisa hemat cobalah menghindari pemakaian device eksternal seperti hardisk eksternal,USB Flasdisk,Mouse USB, dan lain sebagainya sebab device tersebut sangat menguras kinerja baterai netbook/notebook anda.


Selain pada hardware,Software juga berpengaruh dapat menyebabkan notebook/netbook anda tidak dapat bertahan lama.Terlebih lagi apabila notebook anda ada banyak aplikasi yang berjalan tetapi sudah tidak terpakai lagi (ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan tetapi tidak terlihat dilayar monitor dan aplikasi tersebut sudah tidak dipergunakan lagi).
Bagi pengguna netbook/notebook yang terbiasa mengutak-atik system operasi mungkin anda dapat dengan mudah mematikan aplikasi yang tidak berguna tersebut tetapi bagi yang tidak terbiasa maka akan kebingungan bagaimana cara mematikan aplikasi tersebut.
Bagi anda yang belum tau cara mematikan aplikasi tersebut tanpa harus mengutak-atik system operasi dapat menggunakan Software aplikasi Aerofoil.Aerofoil adalah salah satu software aplikasi gratis yang dapat membantu anda dalam melakukan management aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi pada notebook/netbook anda serta aplikasi ini juga dapat melakukan penghematan daya pada netbook/notebook anda.
Untuk mendownloads aplikasi Aerofoil silahkan downloads disini.


Langkah terakhir yang perlu anda lakukan untuk melakukan penghematan daya baterai notebook/netbook yaitu usahakan untuk melakukan/menggunakan mode hibernate/sleep jika notebook anda sudah tidak dipergunakan lagi. Pada mode hibernate/sleep tidak sepenuhnya mematikan notebook anda akan tetapi menjadi pilihan terbaik apabila anda sudah tidak menggunakan notebook/netbook tanpa harus mengeluarkan aplikasi yang anda gunakan sebelumnya.


Sebagai langkah tambahan,ketika anda mempunyai sebuah notebook/netbook anda perlu melakukan perawatan baterai notebook anda karena pada sadarnya semakin lama baterai notebook digunakan maka ketahanan dan kualitas baterai akan semakin menurun.Anda dapat melakukan perawatan baterai dengan cara menghindari penggunaan notebook/netbook pada suhu ruangan yang panas dan usahakan untuk melepas baterai pada notebook anda jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang/lama. 


SEMOGA BERMANFAAT ^_^


Tips Menghemat Baterai Notebook/Netbook
Item Reviewed: Tips Menghemat Baterai Notebook/Netbook 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!